Senin, 23 Januari 2012

Ternyata Mempertahankan $300 perbulan Bukan Perkara Mudah

Pembaca setia blog ini tentunya masih ingat postingan saya sebelumnya? Ya postingan mengenai target pendapatan $300 yang dicapai lebih cepat. Bulan Desember 2011 kemaren segalanya terasa lebih mudah karena terjadi lonjakan pengunjung ke salah satu blog saya. Bayangkan 1 hari bisa mencapai 6000 uv dan 10.000 pv. Dengan traffic seperti itu maka $10-$15 per hari sangatlah mudah didapatkan.

Namun sesuai judul diatas, tidak mudah untuk mempertahankan kestabilannya. Target saya berikutnya setelah mencapai pendapatan $300 bulan kemaren adalah memang untuk menstabilkannya terlebih dahulu, karena saya sadar bahwa lonjakan traffic itu hanya sementara saja karena kebetulan ada keyword yang nyangkut di blog saya.

Benar saja, di awal tahun 2012, traffic blog saya tersebut terjun bebas, sehari hanya ada 200 uv dan kurang dari 1000 pv. Sungguh kondisi yang sangat kontras dengan pencapaian sebelumnya. Alhasil pendapatan Google Adsense juga turut terjun bebas, sulit sekali mendapatkan $5 per hari. Beruntung masih ada blog lain yang trafficnya sedikit mengalami lonjakan sehingga Alhamdulillah untuk bulan januari 2012 ini sudah terkumpul $150 lebih.

Namun cobaan tidak berhenti disitu saja, tanggal 21 Januari 2012 saya melakukan kesalahan fatal dengan seluruh data blog yang ada di hosting saya. Semua data terdelete sehingga tidak ada satu blog pun yang bisa diakses, kecuali blog yang saya hosting di tempat lain. Perlu 1 hari lebih untuk melakukan restore seluruh data dan itupun tidak gratis, ada charge $15 untuk jasa ini. Memang harga yang tidak terlalu mahal untuk sebuah kesalahan yang fatal. alhamdulillah blog saya masih bisa terselamatkan dan sekarang sudah online kembali.

Pelajaran yang bisa didapat adalah jangan terburu-buru jika mau melakukan deleting data, lakukan cek ricek sekali lagi untuk meyakinkan. Selain itu alangkah lebih baiknya jika kita punya lebih dari satu hosting, jika mengalami gangguan maka tidak semua blog kita down, masih ada penghasilan yang masuk meskipun sedikit.

Semoga pendapatan saya bisa stabil kembali di angka $300 per bulan. Usaha terus dilakukan dengan tetap memperbanyak blog dan rajin mengupdate blog yang sudah established, agar traffic kembali naik.

Semoga bermanfaat apa yang saya tulis disini, khususnya bagi saya pribadi. Salam....

Read More......
 

Filsafat | Filsafat Pendidikan | House Designs | Le Pan Tablet | Gadget News | Daily Architecture | HD Wallpaper Backgrounds | High Resolution Wallpaper | Fashion Magazine |