Kamis, 03 Desember 2009

Tipe Orang Dalam Menghadapi Masalah

Dalam keseharian kita sering berhadapan dengan berbagai tipe orang. Baik itu di lingkungan kerja maupun di lingkungan tempat tinggal kita. Bahkan konflik tidak bisa dihindarkan karena masing-masing dari kita mempunyai kepentingan dan masalah yang berbeda-beda.

Sebenarnya kualitas seseorang dapat dilihat dari cara pandang terhadap suatu persoalan yang ada di depan mata. Tulisan ini sedikit mencoba memberikan informasi mengenai tipe-tipe orang dalam menghadapi masalah. Semoga kita bisa bercermin dari uraian singkat ini


Tipe Orang Yang Suka Complain :
1. Selalu complain dan mengkritik tentang siapa yang harus bertanggung jawab dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
2. Tidak akan mau mengerti tentang alasan dari permasalahan
3. Sulit untuk memberikan apresiasi terhadap orang lain dan selalu negative thinking
4. Sulit untuk melakukan instropeksi diri
5. Lebih parah lagi orang seperti ini tidak mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah itu sendiri.

Tipe Orang Yang Menjadi Pengamat :
1. Bersifat passive, tidak punya inisiatif untuk memulai
2. Hanya melihat permasalahan tapi tidak melakukan sesuatu yang nyata dan cenderung menunggu orang lain untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
3. Orang seperti ini juga tidak mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah.

Tipe Orang Yang Memecahkan Masalah :

1. Mencoba untuk memahami permasalahan dan mencari akar masalah tersebut.
2. Optimis, bersifat membangun, mau berpartisipasi dan memberikan apresiasi terhadap orang lain
3. Mencoba menyelesaikan permasalahan melalui penyelesaian yang saling menguntungkan (win-win solutioan)

Dari paparan di atas semoga kita bisa menjadi orang yang jujur untuk mengakui termasuk ke dalam tipe orang seperti apa kita ini. Karena hanya kita yang benar-benar mengerti siapa sejatinya diri kita.

Hanya tipe orang yang ke-3 sajalah yang akan menjadi pemenang dalam suatu kompetisi dalam kehidupan ini. Karena disadari atau tidak mereka tertantang untuk menaklukkan semua onak duri kehidupan. Dan dari golongan tersebut lahirlah pemimpin-pemimpin yang handal dan tangguh.

0 komentar:

 

Filsafat | Filsafat Pendidikan | House Designs | Le Pan Tablet | Gadget News | Daily Architecture | HD Wallpaper Backgrounds | High Resolution Wallpaper | Fashion Magazine |