Jumat, 06 Februari 2009

Panen Pertama Bisnis Jamur Kuping

Alhamdulillah tanggal 5 februari kemaren usaha saya di bidang pertanian sudah menuai hasil, Jamur saya sudah genap berusia sebulan dan bisa dipanen, hasilnya cukup lumayan, karena melebihi dari harapan saya.


Sejak saya beli bibitnya, saya masih harus menunggu kurang lebih sebulan sampai baglog jamur tersebut siap di silet untuk menumbuhkan jamur. Setelah tahap itu saya masih harus menunggu satu bulan untuk bisa memanen. Baru satu sisi yang sudah siap ditumbuhkan sehingga dari perhitungan saya panen pertama akan mendapat hasil kira-kira 25 Kg jamur kuping basah, tapi kenyataannya kemaren saya bisa panen 46 Kg. hampir dua kali lipat dari prediksi saya.

Untuk panen kedua nanti mungkin jumlahnya bisa lebih dari sekarang karena dua sisi dari baglog sudah siap ditumbuhi oleh jamur. Semoga demikian dan saya bisa kembali modal lebih cepat. Rencananya saya mau menggunakan hasil dari usaha ini untuk menambah jumlah baglog jamur saya. Saat ini saya baru mempunyai 500. Jumlah yang sangat kecil namun untuk tahap pemula cukup saya rasa.
Sekarang ini saya masih menggunakan gudang di rumah saya untuk tempat budidaya jamur. Kedepannya saya ingin mempunyai sebuah tempat khusus untuk budidaya jamur yang bisa menampung 10.000 baglog jamur. Lengkap dengan alat untuk menjaga kelembaban udaranya.

Anda berminat untuk terjun ke agrobisnis budidaya jamur kuping? Silahkan contct saya, saya bersedia membantu dan sharing pengalaman...

2 komentar:

Yoshitsunu mengatakan...

Budidaya jamurnya dimana gan?? 46 Kg dalam sebulan?

Yoshitsunu mengatakan...

46 Kg panen pertama? budidaya jamurnya dimana gan?

 

Filsafat | Filsafat Pendidikan | House Designs | Le Pan Tablet | Gadget News | Daily Architecture | HD Wallpaper Backgrounds | High Resolution Wallpaper | Fashion Magazine |